Tips Berbahasa Inggris Melalui Bersosial

Mempelajari suatu hal adalah sebuah kemauan yang dimiliki oleh masing-masing individu sejak kecil. Ketertarikan pada sesuatu, memberikan sebuah impuls kepada saraf kita untuk berfikir sejanak dan menimbulkan rasa penasaran. Mekanisme ini merupakan sebuah hal yang natural pada setiap proses yang ditangkap oleh sensor motorik yang kemudian diteruskan kepada kognisi kita untuk berfikir tentang apa yang kita lihat. Untuk itulah perlu adanya sebuah dorongan yang kuat terhadap diri kita sendiri dalam proses pembelajaran baik belajar dari guru ataupun belajar alami secara organik.

Sama saja seperti halnya jika kita ingin dapat berbahasa Inggris, namun kita memiliki keterbatasan pada diri kita. Apa saja keterbatasan itu? Yakni rasa malas dan tidak mau mencoba adalah musuh besar yang kerap kali hinggap di dalam diri kita untuk melakukan sesuatu yang baik. “Berbuat baik janganlah di tunda-tunda” adalah sebuah quote yang tepat untuk kita jadikan acuan diri. Maka dari itulah, kali ini saya ingin sharing kepada para pembaca sekalian. Bukan bermaksud untuk menggurui, namun ini hanyalah tips belajar Inggris dari saya pribadi. Apa saja tips nya, silahkan disimak dengan gembira :

1. Membaca

Adalah cara terbaik untuk belajar kosa kata baru. Cobalah membaca cerita-cerita pendek daripada cerita novel yang panjang. Biasanya cerita pendek terbagi dalam beberapa bab singkat yang dapat dibaca dan dianalisa bahasanya dengan lebih mudah. Anda tidak harus mengerti setiap kata yang tertulis. Coba mengerti artinya secara umum. Garisbawahi kata-kata yang tidak mengerti dan cobalah menerka artinya berdasarkan konteksnya. Lalu gunakan kamus Anda untuk mencari dan melihat apakah Anda benar. Gunakan pula graded readers (buku belajar membaca). Buku ini biasanya menyediakan sejumlah pertanyaan untuk menguji pemahaman Anda terhadap apa yang baru Anda baca.

2. Gunakan Internet

Internet adalah penemuan yang menakjubkan, yang mengubah cara hidup kita. Walaupun menyenangkan bisa membaca “People” setiap hari atau ngobrol dengan teman-teman secara online, rasanya sia-sia bila kita tidak menggunakan internet untuk belajar bahasa. Banyak pula tempat kursus bahasa Inggris yang menyediakan aplikasi belajar online secara cuma-cuma. Tentu saja masih banyak yang bisa Anda lakukan sendiri.

3. Cobalah Membaca Surat Kabar Berbahasa Inggris

Tersedia beberapa surat kabar yang menyediakan informasi dan materi yang menarik untuk dibaca. Misalnya Jakarta Post. Anda dapat membaca bagian surat kabar yang Anda minati, baik Sports, Business atau bahkan Classifieds.

4. Dengarkan Siaran Radio

Semua radio di seluruh dunia secara virtual terhubung dengan internet. Jangan puas hanya dengan VOA dan BBC. Masih banyak pilihan menarik lainnya. Coba dengarkan radio dari bagian dunia yang menggunakan bahasa Inggris, Disney Radio dapat menjadi salah satu pilihan menarik dan menyenangkan.

5. Manfaatkan Sosial Media

Anda dapat menggunakan MSN, Yahoo! dan program social media lainnya seperti Facebook &Twitter untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris secara online. Coba cari beberapa teman Anda yang berbahasa Inggris. Bila Anda menggunakan Skype, ajak teman-teman Anda untuk menggunakannya juga dan telepon mereka secara gratis melalui komputer Anda.

6. Malu Mencoba, Tidak Akan Bermanfaat

Ada beberapa cara kuno yang walaupun aneh kedengarannya namun bisa membantu. Untuk meningkatkan pelafalan Anda, Anda bisa menggunakan cermin untuk berlatih membuat bunyi-bunyi yang sulit dalam bahasa Inggris mrekam saat Anda berbicara bahasa Inggris dan dengarkan setelahnya, perhatikan penekanan, intonasi dan fonem Anda. Untuk berpikir dalam bahasa Inggris, lakukan percakapan imajinasi Anda dalam bahasa Inggris. Pikirkan apa yang hendak Anda katakan. Berbicaralah dengan teman Anda menggunakan bahasa Inggris. Cobalah berbicara dalam bahasa Inggris dengan teman-teman Anda, baik di dalam maupun di luar kelas bahasa Inggris. Tidak perlu kuatir dengan pelafalan yang kurang bagus. Berbicara secara teratur akan meningkatkan rasa percaya diri Anda dan Anda akan maju lebih pesat.

Image

Inilah sebuah cara sederhana yang dapat kita lakukan dalam kegiatan kita sehari-hari bila kita ada dirumah ataupun dikampus. Apa lagi pada zaman sekarang ini, penggunaan media social sudah menjadi kebutuhan bagi penduduk Indonesia dalam bersosial dengan teman.rekan ataupun sanak keluarga. Dengan cara tersebut, kita akan dapat memperkaya vocabulary kita dengan memulai melakukan interaksi sedikit demi sedikit pada social media yang kita miliki.

Dengan demikian, sebenarnya kita memiliki banyak sekali kesempatan dan media yang dapat kita pergunakan sebagai sarana untuk belajar. Cara sederhananya adalah, kita dapat menggali potensi diri kita melalui cara bersosial. Itulah kesimpulan pada tulisan kali ini, semoga dalam tulisan ini kita semua dapat memiliki sebuah pemahaman yang luas tentang pentingnya belajar dan mengejar ilmu bagi setiap orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s