Tips Belajar Inggris Melalui Media Sosial

Memahami sesuatu dan mencobanya dalam waktu tertentu bisa disebut sebagai pembelajaran bagi kita. Menagapa demikian? Tentu saja karena ketika kita mulai mengamati sesuatu da nada keinginan untuk mencoba, sampai pada akhirnya kita melakukanya sebagai tahap awal dari eksperimen itu adalah sebuah proses belajar. Belajar pada hal-hal sederhana termasuk pada Media Sosial yang saat ini memiliki penggemar yang sangat aktif dan interaktif karena memiliki banyak keterlibatan pengguna didalamnya. Peran Media Sosial di Indonesia saat ini bukan lagi menjadi suatu sarana komunikasi semata, namun sudah bergeser tren/fungsinya menjadi sebuah kebutuhan yang wajib. Sebut saja remaja di Indonesia yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dalam pencapaian masa pubertas mereka, dan hal itu mereka wujudkan dalam dunia digital. Eksistensi mereka kini menjadi hal yang tidak bisa di tinggalkan, mengingat konsentrasi pada Media Sosial semakin tinggi dan terus berkembang.

gambar

Dalam menggunakan Media Sosial tentunya ada dua sisi dimana ada dampak positif dan negative bagi setiap penggunanya. Negative jika kita terbawa dan tidak memiliki superego yang berfungsi sebagai pengendali diri dalam menggunakannya. Peran dari orang tua sangatlah penting dalam memberikan perhatian khusus kepada anak-anak mereka yang sudah mulai merambah pada dunia digital saat ini. Aktfif dan komunikatif terhadap anak pada perkembangan mereka menuju usia dewasa akan memberikan impact yang lebih bagus kepada anak-anak pengguna Media Sosial, karena mereka akan merasa bahwa penggunaan Media Sosial ini memerlukan kecerdasan diri bagi setiap pengguna. Apa dampak positif dari penggunaan Media Sosial sebagai sarana belajar anak? Secara garis besar dari dunia pendidikan saat ini memiliki kecenderungan yang menurun pada minat dan kemauan mereka untuk belajar. Menggunakan tulisan pada papan tulis atau White Board adalah hal yang sangat membosankan bagi anak-anak saat ini. Monoton dan tidak memberikan efek segar serta daya rangsang yang baik pada sarap sensorik mereka untuk mengirim ke saraf motorik mereka dan menjadi sebuah implementasi positif.

Sederhana saja bagi kita yang sudah mengetahui dampak baik dan buruk penggunaan Media Sosial sekarang ini, namun tidak bagi semua orang yang baru mengenal tools  komunikasi di era modern. Bagaimanakah memanfaatkan dan menjadikan Media Sosial sebagai sarana belajar anak-anak atau orang dewasa sekalipun? Disinilah kita akan memulai menjelajah dunia digital dalam versi dan koridor yang positif. Jika boleh kita tarik sebuah contoh yang sangat sederhana dari Media Sosial adalah, mempelajari bahasa Inggris sederhana namun dapat dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan. Pada banyak Sosial Media menggunakan bahas Inggris pada tampilan menu di website mereka. Hal ini tentu saja mengajak dan mengarahkan kita agar dapat memahami maksud pada menu tersebut dengan bahasa asing. Bagaimana kita bisa memahami jika kita tidak mau untuk mencoba dan belajar? Untuk itu, saya akan berbagi tips belajar Inggris dengan Media Sosial yang mudah dan menyenangkan.

1. Gunakan Internet

Internet adalah penemuan yang menakjubkan, yang mengubah cara hidup kita. Walaupun menyenangkan bisa membaca “People” setiap hari atau ngobrol dengan teman-teman secara online, rasanya sia-sia bila kita tidak menggunakan internet untuk belajar bahasa. Banyak pula tempat kursus bahasa Inggris yang menyediakan aplikasi belajar online secara cuma-cuma. Tentu saja masih banyak yang bisa Anda lakukan sendiri.

2. Membaca Topik Pada Internet

Adalah cara terbaik untuk belajar kosa kata baru. Cobalah membaca cerita-cerita pendek daripada cerita novel yang panjang. Biasanya cerita pendek terbagi dalam beberapa bab singkat yang dapat dibaca dan dianalisa bahasanya dengan lebih mudah. Anda tidak harus mengerti setiap kata yang tertulis. Coba mengerti artinya secara umum. Garisbawahi kata-kata yang tidak mengerti dan cobalah menerka artinya berdasarkan konteksnya. Lalu gunakan kamus Anda untuk mencari dan melihat apakah Anda benar. Gunakan pula graded readers (buku belajar membaca). Buku ini biasanya menyediakan sejumlah pertanyaan untuk menguji pemahaman Anda terhadap apa yang baru Anda baca. Atau bisa kita cari info pada search engine seperti Google, Bing ataupun Yahoo sebagai bahan referensi untuk mencari sebuah artikel. Tersedia  pula beberapa surat kabar yang menyediakan informasi dan materi yang menarik untuk dibaca. Misalnya Jakarta Post. Anda dapat membaca bagian surat kabar yang Anda minati, baik Sports, Business atau bahkan Classifieds.

3. Menggunakan Facebook

Saat ini facebook dilengkapi dengan berbagai fitur yang komplit untuk memudahkan pengguna dalam menggunakannya untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman, sahabat ataupun relasi kita yang ada di Negara lain. Facebook memiliki fitur chat yang membuat kita dapat melakukan komunikasi kapanpun dan dimanapun. Cobalah melatih diri kita dengan berkomunikasi dengan teman kita di Negara lain dengan menggunakan bahasa Inggris.

4. Twitter Update

Berbeda hal lagi denga Facebook yang memiliki fitur chat didalamnya, Twitter hanya memberikan kesempatan bagi penggunak untuk “berkicau” sebanyak 140 karakter. Pada Twitter kita dapat melihat dan memantau linimasa pengguna lain yang kita ikuti atau lebih dikenal dengan sebutan Following dan Followers. Dari pengikut dan yang kita ikuti, kita dapat belajar untuk kreatif sekaligus imajinatif dengan update-an dari pengguna lain. Kita dapat mengikuti akun-akun News ataupun akun seseorang yang menggunakan Bahasa Inggris serta memiliki influence besar bagi public sebagai seorang sosok idola ataupun panutan kita.

5. YouTube

Jejaring sosial yang mengkhususkan pada fitur video ini memiliki daya ketertarikan yang tinggi bagi pengguna internet di seluruh dunia. Berbagai macam video di unggah disana sebanyak kurang lebih 155 juta setiap harinya dari seluruh dunia. Apa yang kita bisa lakukan melalui YouTube? Ketika kita mengetik keyword “Tutorial Bahasa Inggris” maka aka nada ribuan bahkan jutaan video yang dapat menjadi guru informal bagi kita. Selain kita bisa menonton video tutorial tersebut, kita juga dapat langsung mempraktekannya melalui Media Sosial Facebook dan Twitter yang kita miliki sebelumnya.

Inilah beberapa cara mudah kitamenggali potensi diri melalui bersosial yang dapat menjadikan kita seseorang yang berkualitas. Bukan hal yang sulit bagi kita saat ini untuk belajar suatu hal dengan alas an tidak adanya sarana, padahal jika kita mau menyadari bahwa setiap manusia harus memiliki aktualisasi diri untuk menambah potensi mereka pada masa mendatang. Mungkin ini saja yang dapat saya tulis kali ini perihal Tips Belajar Bahasa Inggris, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan saya sendiri untuk menjadi pribadi yang dinamis dan optimis dalam menatap hidup yang lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s