Membangun Rasa Percaya Diri Melalu Interaksi

Image

Yes! I Can Do It …

Adalah sebuah kalimat motavasi yang harus kita tanamkan pada diri kita, tatkala kita mendapatkan sebuah tantangan. Tantangan itu biasanya kita dapatkan dimana posisi kita sebagai individu “di godok” untuk lebih berkualitas dan memiliki potensi yang besar. Pertanyaan kita saat ini adalah, bagaimana menggali potensi diri tersebut? Inilah yang membuat kita berfikir dan bertanya pada diri kita sendiri. Apakah yang bisa kita lakukan selain hanya terdiam dan berfikir tanpa melakukan sesuatu.

Ketakutan seorang pembicara adalah pada saat mereka bicara, mereka terdengar konyol atau tidak dapat dimengerti. Banyak guru bahasa Inggris menyarankan untuk menggunakan struktur kalimat sederhana. Gunakan kalimat yang sederhana dan sudah kita kenal. Pada saat kita merasa pendengar dapat mengerti kita, maka kita siap untuk maju ke ide yang lebih kompleks. Mungkin di atas kertas bahasa Inggris Anda berada tingkat mahir, tetapi semua pengetahuan tersebut tidak akan membantu kita jika kita tidak dapat mengkomunikasikannya!

Cobalah untuk memulai suatu hal positif dengan mengubah pola fikir “mindset” yang positif juga, karena akan dapat membantu kita dalam memberikan pesan pada otak untuk melakukan hal tersebut. Ada 2 cara mudah yang dapat kita aplikasikan untuk Membangun Rasa Percaya Diri Kita. Seperti contoh yang akan saya ambil dalam tulisan ini adalah, bagaimana kita mampu membangun rasa “PeDe” kita untuk berbicara bahasa Inggris dengan diri sendiri ataupun orang lain yang menjadi lawan bicara kita.

Berikut ini adalah Tips Belajar Inggris yang simple dan sangat mudah untuk dapat kita terapkan di dalam kegiatan kita sehari – hari. “Apaan aja tuh kakak” ? Okedeh…

1. Visual Learners

Jika kita termasuk orang yang lebih mudah belajar melalui input visual (gambar, tulisan), maka kita memiliki gaya belajar ”visual”. Banyak sekali strategi yang bisa kita lakukan. Kita bisa membaca artikel-artikel dalam bahasa Inggris yang kita anggap penting, dan menarik di surat kabar, majalah, ataupun internet, untuk kemudian kita coba ceritakan kembali dengan kata-kata yang kita susun sendiri, baik dalam bentuk tulisan ataupun dalam bentuk ucapan. Kita bisa juga membaca dan mempelajari contoh surat, proposal, brosur yang sering kita temui dalam melakukan pekerjaan kita. Untuk mencoba memahami suatu konsep abstrak, kita bisa menggambarkannya dalam bentuk visual: ”flow chart”, tabel, ataupun bentuk-bentuk visual lainnya.

2. Trying

Belajar bahasa adalah seperti belajar naik sepeda atau belajar menyetir mobil. Kita tidak bisa hanya membaca dan memahami ”buku manual” saja, tetapi kita harus mencoba menggunakannya. Pada tahap pembelajaran (tahap percobaan), sangat wajar jika kita melakukan kesalahan. Yang penting adalah mengetahui kesalahan yang kita lakukan dan memperbaikinya di kesempatan yang berikutnya. Akan lebih baik lagi jika pada saat mencoba kita mempunyai guru yang bisa memberitahu kita kesalahan yang kita lakukan. Guru tidak harus guru formal di sekolah atau kursus bahasa Inggris. Guru bisa saja sebuah kaset yang bisa kita dengarkan dan kita bandingkan dengan ucapan kita, sebuah buku pelajaran yang bisa kita baca dan cek jawabannya, atau bisa juga kenalan, ataupun kerabat yang bisa membantu kita jika kita ada masalah atau ada hal-hal yang ingin kita tanyakan. Kita tidak usah malu bertanya, dan tidak usah takut melakukan kesalahan. Dari pertanyaan yang kita ajukan dan dari kesalahan yang kita lakukan, kita bisa belajar banyak.

Maka dari itu, kita perlu memperkaya vocabulary kita dengan sering berinteraksi dan berkomunikasi dengan kawan-kawan kita melalui fitur-fitur sosial media yang saat ini sudah sangat canggih. Seperti Yahoo Messanger, MSN, Chatting from Facebook ataupun platfrom lain yang menyediakan layanan berinteraksi melalui chatting. Semoga sedikit tips ini dapat membantu kita untuk membangun kepercayaan diri dalam berinteraksi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s