Bermain Dan Belajar Bahasa Inggris Bersama Anak Anak

barneys

Mempunyai anak-anak yang riang, ceria dan pintar adalah dambaan setiap insan manusia di bumi ini. Melihat senyum dan canda mereka adalah sebuah anugerah terindah bagi setiap orang tua dikala mereka mendambakan hadirnya “si buah hati” ke dunia. Banyak para orang tua menantikan sang buah hati mereka dengan penuh harapan dan kegembiraan manakala usia kandungan sudah mencapai angka sembilan bulan. Setelah memiliki buah hati, para orang tua tentunya akan melakukan apapun demi anaknya tercinta, sekalipun harus memeras keringat sampai meneteskan air mata.

Beranjak usia balita, anak-anak pada umumnya akan memiliki daya respon dan keinginan yang semakin banyak mengingat mereka juga sudah menerima impuls dari apa yang mereka lihat dan mereka rasakan. Pada masa-masa seperti ini, anak-anak balita biasanya akan mulai melihat, mendengar dan meniru dari pengelihatan mereka. Sifat imitasi inilah yang harus di manfaatkan oleh para orang tua untuk tetap memberikan rangsangan positif pada otak kanan dan otak kiri anak mereka demi perkembangan di masa depan. Dengan memberikan perhatian yang khusus kepada anak-anak pada usia ini, semakin membuat anak akan merasa mendapatkan perhatian dan pengarahan yang baik karena dibawah pengawasan orang tua.

Lantas, bagaimanakah menyiasati hal tersebut, sekaligus menjadi pembelajaran bagi anak-anak dengan suasana yang senang, gembira dan riang? Cobalah kita sejenak melihat foto di atas sambil membayangkan betapa cerianya mereka saat bermain dengan sesosok badut “Barneys” yang menjadi idola mereka. Sosok Barneys disini di gambar dengan se-ekor buaya besar yang memiliki kepandaian, kepintaran dan pengetahuan untuk berbagi kepada temen-teman mereka baik di televisi ataupun di buku cerita anak-anak. Kegembiraan dan kesenangan adalah bagian dari diri seorang Barneys dalam berbagi pengalaman dan ceritanya kepada teman-teman mereka di studio. Hal inilah yang seharusnya dijadikan sebuah alat untuk para orang tuan dalam mendidik dan mengajarkan anak mereka melalui tayangan televisi yang berkualitas sebagai proses pengenalan dan belajar bagi anak-anak.

 Pada video Barneys And Friends di atas dapat menjadi panduan bagi anak-anak kita untuk mendengar, melihat dan memulai menirukan gaya dari gerakan yang ada pada video tersebut. Kita bisa mengajak anak-anak untuk berinteraksi dan mencoba mengajarinya dalam meniru gerakan ataupun ucapan yang di ajarkan oleh tayangan tersebut. Selain untuk memacu dan memberikan kekayaan rangasangan pada otak anak, ini juga dapat dilakukan oleh para orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar antara 8-11 tahun dalam memberikan Metode Belajar Bahasa Inggris  dengan cara yang pasti menyenangkan dan tidak membosankan untuk anak seusia mereka.

Cara-cara seperti inilah yang sebenarnya keliahatan mudah, namun terkadang sulit untuk kita realisasikan kepada anak-anak kita dirumah. Mengapa demikian? Pada suatu ketika kita memang perlu mencurahkan perhatian lebih terhadap anak-anak kita untuk sekedar menemani mereka menonton acara telivisi favorit mereka , sekaligus kita dapat mengajarkan kepada mereka dengan cara sentuhan. Sentuhan itu diperlukan dari orang tua kepada anak guna membangkitkan emotional bounding yang lebih kuat antara anak dan orang tua. Anak akan merasa mereka sangat diperhatikan dan mendapatkan suasana yang rileks, tenang terkadang riang dan gembira di dampingi orang tua mereka.

Belajar itu sulit? Setujukah Anda? Saya rasa tidak sama sekali, mengingat banyaknya sarana belajar yang dapat menunjang dan membantu kita untuk mengajarkan berbagai hal kepada anak kita termasuk dengan televisi atau buku bacaan sekalipun. Semua itu tergantung bagaimana kita membawakan suasana dengan hati yang senang dan tanpa paksaan. Sugesti itu akan dapat kita transfer kepada anak-anak kita yang sebelumnya mereka mungkin takut ataupun tidak mau sama sekali dalam belajar formal ataupun belajar informal seperti privat Bahasa Inggris yang saat ini sudah menjamur dimana-mana.

Mungkin beberapa langkah mudah namun terkadang sulit kita lakukan yang saya bagi kepada pembaca, akan dapat mampu membantu untuk menambah metodologi dalam mengajarkan anak-anak kita dengan suasana dan kondisi yang sangat membuat mereka merasa nyaman dan riang.

2 thoughts on “Bermain Dan Belajar Bahasa Inggris Bersama Anak Anak

  1. Pingback: The Grammar Gorillas | udabhalink

  2. Pingback: Maksimalkan Kemampuan Otak Dengan Bermain Dan Belajar Bahasa Inggris | udabhalink

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s