Belajar Inggris Mudah Bagi Remaja SLTP

Pada usia remaja, pelajar SLTP akan mulai di perkenalkan dengan tiga aspek dalam bahasa Inggris yaitu reading, writing dan listening. Tiga program tersebut memiliki porsi yang sesuai dengan kurikulum mata pelajaran bahasa Inggris yang sudah di tetapkan oleh lembaga pendidikan masing-masing. Hal ini di maksudkan agar para siswa-siswi tingkat menangah pertama dapat memahami pentingnya tiga aspek tersebut, karena aspek itu akan masuk ke dalam ujian sekolah atau ujian nasional. Listening, Reading dan Writing juga telah di tetapkan menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam penilaian untuk evaluasi kelulusan siswa-siswi sejak SLTP. Sebagian besar siswa dalam kelumpok usia ini sudah memiliki keterampilan bahasa Inggris dasar dalam mendengar, berbicara, menulis, tata bahasa, dan kosakata.

Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama

Banyak juga beberapa remaja pada usia ini sudah mulai mengimplementasikan bahasa Inggris dalam interaksi mereka dengan rekan sejawatnya ataupun teman yang mereka kenal dari berbagai media seperti beberapa cara sederhana dalam belajar bahasa Inggris. Bisa media sosial (Facebook, Twitter,dll). Melalui berbagai kemudahan yang dapat mereka dapatkan melalui internet sebagai salah satu sumber informasi, remaja usia SLTP sekarang juga sedikit banyak telah mampu menelaah artikel-artikel ataupun berita yang mereka dapatkan melalui internet. Tentu saja, kemajuan teknologi bagi usia remaja mempunyai dampak baik dan buruk tergantung dari penggunaannya dan peran orang tua dalam mengawasi kegiatan anak-anak mereka menggunakan internet.

Sisi positif juga sangat banyak didapatkan melalui internet, karena kecepatan berita yang di lansir oleh beberapa media pers terkenal biasanya menggunakan bahasa Inggris. Inilah salah satu kesempatan bagi anak usia remaja dalam memanfaatkan fasilitas tersebut dalam pengembangan diri sekaligus menjadi ajang untuk mengetahui kemampuan dirinya. Orang tua dapat mengarahkan anak-anak mereka pada usia remaja seperti sekarang ini dengan berkomunikasi dengan anak mereka dan mengarahkannya untuk mengikut kelas belajar diluar sekolah. Saran semacam ini dapat mengembangkan kreatifitas dan kemampuan anak usia remaja khususnya SLTP. Diharapkan, dengan mengikuti kelas bimbingan atau kelas tambahan diluar jam sekolah tersebut akan mampu menambah wawasan dan pengetahuan anak usia remaja dalam menganal lebih jauh lagi tentang tata bahasa Inggris dan hal-hal yang bersangkutan dengan ujian yang akan mereka hadapi kelak. Serta dapat menambah pengalaman dalam berkomunikasi guna menjadi invesatsi diri dengan kemampuan dan kemahirannya dalam bahasa Inggris.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s