Mengapa Bahasa Inggris Masuk Kedalam Kurikulum

kelompok belajar

Indonesia adalah negara berkembang yang memiliki potensi alam sangat luar biasa, dibandingkan dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Harusnya kita harus bangga dan menjunjung tinggi rasa cinta terhadap tanah air dengan salah satu cara, apakah cara itu? Sederhana saja, bagi kalian para pelajar sekolah dapat mendukung kemajuan bangsa lewat belajar dengan giat dan rajin untuk menjadi individu yang berkualitas. Lantas, bagi para mahasiswa dan pekerja itu seperti apa? Ya! tentu saja para mahasiswa adalah sebuah pengawas dan kontrol sosial dalam menjaga keseimbangan negara dan pemerintah. Para mahasiswa merupakan harapan bangsa atas seluruh pemikirian dan ide yang cemerlang dalam membantu berjalannya sistem pemerintahan. Dan bagi para pekerja, menghargai kemerdekaan Indonesia adalah dengan taat sebagai warga negara yang baik sudahlah cukup.

Lalu, apakah kaitan antara menghargai kemerdekaan dengan bahasa Inggris yang masuk kedalam kurikulum? Inilah sebuah sudut pandang yang ingin diberikan penulis kepada pembaca sekalian. Mengingat Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah di tambah jumlah penduduk yang memiliki angka cukup tinggi pada setiap daerah di Indonesia. Akan menjadikan Indonesia bukan lagi negara berkembang, namun mengarah ke negara maju. Sumber daya alam ini jika tidak di barengi dengan kualitas sumber daya manusia maka akn terjadi ketimpangan pada pengelolaannya. Memiliki sumber daya manusia yang berkuliatas adalah tugas kita semua sebagai warga negara, pastinya dengan adanya peran utama dari pemerintah guna terciptanya masyarakat yang makmur, sejahtera dan memiliki keterampilan secara mandiri. Oleh sebab itulah, Bahasa Inggris dijadikan sebagai bahan kurikulum dalam pendidikan sejak Sekolah Dasar, Sekolah Lenjutan Tingkat Pertama, ataupun Sekolah Menengah Atas.

Lembaga pendidikan dibawah naungan menteri pendidikan di Indonesia, sudah memasukan mata pelajaran bahasa Inggris sebagai salah satu syarat kelulusan di samping mata pejaran pokok seperti bahasa Indonesia dan matematika. Hal ini adalah suatu faktor yang di maksudkan untuk mendorong kualitas individu bagi jutaan penduduk Indonesia dalam mengenal dunia secara global. Dalam setiap kurikulum, tentu saja sudah di terapkan sesuai dengan komposisi dan kadar yang berbeda bagi pelajar SD, SMP dan SMA agar mereka dapat Belajar Inggris dasar sampai dengan fasih. Seperti yg kita ketahui bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa interaksi global yang di gunakan oleh seluruh individu baik dalam percakapan resmi ataupun bergaul.

Maka sebab itulah, pemerintah dan para penggiat sosial dalam hal ini terus memaksimalkan strategi untuk di masukan ke dalam kurikulum yang memiliki standar kian baik. Memahami dan menguasi bahasa Inggris semasa menuntut ilmu adalah cara paling ampuh dalam pengembangan diri dan kualitas individu masyarakat Indonesia dalam menyongsong era dunia dan teknologi yang semakin berkembang. Penulis berharap, semoga kita (khususnya penulis) dapat mendapatkan sedikit inspirasi untuk terus memajukan kualitas sumber daya manusia di Indonesia menjadi individu yang baik dan berguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s