“Sesame Street” Bisa Jadi Alternatif Belajar Bahasa Inggris

 
Masih ingetkah anda dengan acara ‘Sesame Street’ yang di tayangkan bagi anak-anak khususnya? Menurut Wikipedia sejarah acara ini merupakan acara pendidikan anak-anak yang berasal dari Amerika Serikat untuk anak-anak pra-sekolah dan merupakan perintis standar televisi edukasi kontemporer yang menggabungkan pendidikan dan hiburan (edutainment). Sesame Street terkenal dengan karakter-karakter Muppet, yang dibuat oleh Jim Henson, seorang pemain boneka (puppet). Terdapat lebih dari 4.134 episode yang telah diproduksi selama 37 musim. Musim pertama penayangannya berjumlah 130 episode, tapi musim ke-36 hanya sebanyak 25 episode. Dengan jumlah episode sebanyak itu, Sesame Street merupakan salah satu serial acara televisi yang paling lama tayang sepanjang sejarah pertelevisian. Karena acara ini memberikan pengaruh yang sangat positif, Sesame Street menjadi salah satu tayangan pendidikan yang paling dihormati di dunia.Tidak ada serial televisi lain yang mampu menandingi kesuksesan dan pengakuan internasionalnya.

Sedangakan Di Indonesia, Sesame Street pernah ditayangkan oleh stasiun televisi TVRI yaitu “Jalan Sesama” pada awal dekade 1974 sampai 1990 dan di RCTI dan SCTV pada awal dekade 1990-an. Selain itu, juga telah dibuat Sesame Street versi Indonesia yang dinamai “Jalan Sesama” versi remake. Penterjemahan ke dalam bahasa Indonesia dari bahasa Inggris dimaksudkan agar isi pesan yang terkandung di dalam tayangan tersebut memiliki pengaruh baik yang memberikan rangsangan positif bagi anak-anak Indonesia. Bagi para remaja yang lahir pada media 80′ akhir dan mengalami masa kanak-kanak pada awal 90′ tentu saja sangat menggemari acara ini dan selalu menunggu jam tayangnya dirumah. Seluruh anak Indonesia menggemari tokoh ELMO yang menjadi ikon pada tayangan itu.

Kini acara Sesame Street ini lebih sering di tayangkan pada layanan tv cable dengan cara berlangganan saluran melalui penyedia jasa secara berbayar setiap bulannya. Jika dalam hal ini, beberapa persen Ibu rumah tangga memilih untuk berlangganan tv cable dirumah mereka dengan tujuan tertentu sebenarnya baik. Mengapa baik? bukankah itu konsumtif? Coba kita lihat dari sudut pandang positif dan manfaat yang akan di dapatkan apabila kita berlangganan layanan itu. Banyak sekali acara-acara televisi berkualitas yang dapat membantu orang tua dalam mengajarkan dan memberikan tayangan yang berkualitas bagi anak mereka dirumah. Acara seperti CNN, Animax, Jim Jam, Nickelodeon, Babby TV, dll merupakan rekomendasi yang bisa dipiih sebagai alternatif orang tua kepada anak yang memiliki unsur positif baik.

Ada dua sisi yang dapat kita soroti dalam tayangan-tayangan yang elah disebutkan diatas, yang pertama adalah orang tua bisa sedikit mengajarkan bahasa Inggris dan memasukan unsur positif ke dalam pemahaman anak-anak agar mereka memiliki integritas yang kuat saat dewasa nanti. Diharapkan, dengan adanya tayangan berupa video tersebut akan membantu anak-anak sedikit banyak mulai belajar Inggris melalui apa yang diberikan oleh orang tua.

Related Article :

Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak, Dimulai Dari Listening Yuk!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s