Pilih Bahasa Indonesia Atau Bahasa Inggris?

Indonesia-Inggris

Bahasa Indonesia memiliki kekuatan tersendiri bagi bangsa ini yang menjunjung tinggi rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme sebagai warga negara. Rasa cinta terhadap tanah air perlu di junjung tinggi oleh putra/putri di Indonesia yang harus melekat dan mendarah daging sebagai satu kesatuan yang utuh. Belajar bahasa Indonesia dimulai secara serius pada saat kita masuk kedalam sekolah dasar, dengan materi pelajaran seperti yang kita kenal pada masa itu. Aku Cinta Bahasa Indonesia adalah pelajaran utama dan harus diberikan kepada para murid sekolah dasar sejak masuk dan mengecap pendidikan wajib Sembilan Tahun.

Bagaimanakah jika bahasa Inggris itu juga perlu bagi siswa sekolah dasar sampai dengan menengah atas? Terntu saja sangat perlu, disamping bahasa Indonesia yang menjadi pokok mata pelajaran untuk siswa sekolah. Karena bahasa Inggris ini juga harus mulai di perkenalkan kepada anak-anak sekolah dasar agar  mereka dapat mengerti maksud dan tujuan adanya mata pelajaran tersebut. Biasanya mata pelajaran Inggris ini mulai di berikan kepada siswa kelas 3 atau kelas 4 sekolah dasar. Hal ini bertujuan karena anak kelas 4 sekolah dasar sudah dapat mengerti dan mengenal sedikit demi sedikit kemampuan mereka dari tolak ukur guru dan orang tua. Sebab itulah, pelajaran Inggris harus di muat didalam materi pendidikan sejak sekoalh dasar dengan komposisi yang sudah di sesuaikan bagi anak sekolah dasar.

Bahasa Indonesia sangat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia, tapi jangan salah juga bahwa bahasa Inggris juga perlu gua memajukan wawasan dan pengetahuan serta menciptakan individu yang berkualitas. Hal ini tentunya akan membantu dalam memajukan bangsa dan negara ini dalam segi program pembangunan negara. Sebab itulah timbul sebuah alasan kuat, mengapa bahasa Inggris perlu masuk kedalam kurikulum kegiatan belajar dan mengajar di negara kita. Semoga saja dampak positif senantiasa tercipta dengan adanya usaha dari pihak-pihak terkait sebagai langkah awal dan akhir dari sistem pengembangan kualitas individu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s