Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris Punya Efek Positif Kok

Memilih lagu ataupun musik merupakan selera dari masing-masing individu sesuai dengan kesukaan ataupun berdasarkan ideologi dan filosofi pada alunanan tersebut. Ideologi dan filosofi dalam memilih jenis musik atau genre musik kini sangat beragam dan tentunya mempunyai alasan kuat antar penikmatnya. Seperti yang kita ketahui, jenis musik kontemporer ada beberapa macam seperti Bethoven, Classic, Bossanova, Jazz, ataupun berbagai jenis aliran musik.

Menikmati musik itu natural dan tidak bisa mengada-ada, dengan pancaran ekspresi dan feel yang ditimbulkan oleh rasa nyaman bagi si pendengar adalah sebuah kesatuan dalam harmonisasi musik. Belakangan ini kita dapat menikmati musik yang beraliran Rock, Slow Rock, bahkan Heavy Metal yang di bawakan oleh group band asal luar negeri yang memiliki power dan tensi yang sangat berbeda. Medio 70′, 80′ sampai dengan 90′ kita banyak tahu group band asal luar negeri yang kita favoritkan. Sebut saja The Beatles, Rolling Stones, Led Zapelin,  ataupun sampai dengan The Tielman Brothers yang juga menjadi salah satu motivasi dari band luar negeri sekelas The Beatles. Lagu-lagu yang mereka bawakan semuanya adalah bahasa Inggris dan meskipun kita tidak memahami seluruh kosakata pada lagu tersebut, namun kita sangat menikmati alunan musiknya yang membuat kita merasa senang dan fresh.

the stones

Sebenarnya meskipun kita tidak memahami seluruh arti dan maksud dalam lirik lagu tersebut, namun secara sadar atau tidak sadar ternyata kita telah melakukan sebuah proses. Proses apa yang kita telah lakukan? yaitu proses dari belajar bahasa Inggris yang sering kita sebut sebagai Listening seperti yang biasa di terima oleh para siswa/i atau mahasiswa di kampusnya.

Kita bisa sedikit demi sedikit belajar untuk memahami cara berucap (conversation) dari para penyanyi group band itu, dengan cara mendengarkan secara seksama. Mulailah untuk memberanikan diri mengikuti alunan musik dan mengeluarkan suara dengan ikut bernyanyi, yaa… meskipun suara kita tidak sebagus mereka tapi itu bukan masalah. Karena yang terpenting disini adalah, bagaimana kita memanfaatkan musik sebagai sarana belajar sederhana bagi kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s