Mengajarkan Reading Bahasa Inggris Untuk Pelajar SMP

Sekolah Menengah Pertama

Pelajaran bahas Inggris bagi siswa/i sekolah menengah pertama merupakan proses lanjut dari pelajaran yang di terima para pelajar sejak setelah menyelesaikan masa pendidikan sekolah dasar. Semasa sekolah dasar, para pelajar ini hanya mendapatkan pendidikan sekedar membaca dan menulis dalam konteks sesuai pada kurikulum bagi siswa/i sekolah dasar. Kurikulum yang di dapatkan, sudah sesuai dengan komposisi yang di berikan dan sudah di racik oleh Kementrian Pendidikan Indonesia, tentang materi bahasa Inggris.

Kelas reading bahasa Inggris bagi pelajar ekolah menengah pertama, biasanya dimulakan dengan mengulang (review) kembali materi-materi belajar yang sudah di dapatkan sejak sekolah dasar. Perbedaanya adalah, penggunaan bahasa dan kalimat yang semakin luas, guna memberikan wawasan yang lebih banyak lagi. Wawasan yang diberikan kepada para pelajar, biasanya masih seputar lingkungan, dan hal sehari-hari yang dilakukan oleh mereka dengan menggunakan bahasa Inggris.

Kemampuan para pelajar dalam membaca teks berbahasa Inggris ini, perlu memiliki kekayaan kosakata yang di hafal atau di ingat oleh pelajar agar dapat memahami maksud dan arti pada sebuah kalimat/paragraf. Pada era modern yang semuanya sudah serba digital, membaca biasanya dilakukan melalui berkomunikasi dengan media internet ataupun aplikasi-aplikasi pengirim pesan lainnya. Hal ini tentu saja mewajibkan para siswa juga mulai belajar untuk memahami dan memperkaya kosakata mereka, melalui kamus ataupun kamus elektronik modern.

Pemanfaatan kamus elektronik sangat membantu para pelajar dalam mencari arti dalam kosakata bahas Inggris yang belum mereka ketehui atau belum mereka pahami sebelumnya. Tidak kalah pentingnya dengan kamus eletronik, kini dalam era digtial para pelajar sudah mulai mencari kosakata ataupun kalimat dengan bantuan aplikasi dari Google yakni Google Translete.

Seluruh media itu sangat baik, karena sangat membantu para pelajar dalam mencari arti dan pelafalan bahas Inggris yang belum di mengerti sebelumnya. Di samping itu, melalui penggunaan kamus cetak ataupun kamus elektronik para pelajar ini tentunya akan mengetahui kosakata bahasa Inggris yang lebih baik dan benar secara penulisannya. Kita tentunya berharap, penggunaan media cetak, eletronik ataupun digital (kamus) dapat sangat membantu para siswa dalam proses belajar dan menggali kemampuan serta potensi diri mereka agar menjadi pelajar yang memiliki prestasi. Prestasi disini memiliki arti, yaitu bagi diri sendiri, keluarga dan bangsa tentunya. Semoga .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s